APSI Tugas 1

Tugas 1 APSI - Latihan


1. Definisi Sistem Informasi

            Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, dimana sistem tersebut merupakan kombisani dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang terorganisasi.

            Menurut Ensikpoedia Britannica, sistem informasi didefinisikan sebagai seperangkat komponen yang terintegrasi dan bertugas untuk mengumpulkan, menyimpan, dan memproses data. Pemrosesan data ini akan menghasilkan produk digital dan menyediakan informasi bagi bisnin atau organisasi dalam operasional mereka. 


2. Kegunaan Sistem Informasi

             Sistem informasi digunakan untuk mengumpulkan data yang dimasukkan oleh pengguna dalam suatu institusi. Masukan data ini menjadi sumber utama berlangsungnya informasu sistematis dalam suatu organisasi tersebut secara operasional.

            Setelah mengumpukan data, sistem informasi akan menyimpan semua data mentah ke dalam sistem untuk nantinya diproses. Penyimpanan data ini tentu akan saja berlaku bagi semua data, baik data yang relevan maupun tidak.

            Setelah semua data tersimpan, sistem informasi akan menganalisis data menjadi sebuah indormasi yang sesua dengan kebutuhan organisasi. User sistem informasu tentunya memiliki beberapa formula untuk proses pengolahan data, sehingga nantinya akan menghasilkan informasi yang relevan bagi kebutuhan user. 


3. Definisi Stakeholder

            Stakeholder merupakan semua pihak di dalam masyarakat, baik individu, komunitas, atau kelompok masyarakat yang memiliki sebuah hubungan dan kepentingan terhadap organisasi, perusahaan dan permasalahan yang sedang dibahas. Dalam terjemahan bahasa Indonesia sendiri, arti stakeholde adalah seorang pemangku kepentingan atau pihak yang berkepentingan.        

            Stakeholder sendiri dapat kita temui dimanamup, terutama dalam sebuah kegiatan bisnis sehingga setiap perusahaan tidak terlepas dari keberadaan tokoh terpenting tersebut. Stakeholder dalam perusahaan mencakup pemegang saham, karyawan, staff, pegawai, sumber daya, serta distributor maupun konsumen. Bahkan pesaing perusahaan lain juga bisa disebut sebagai stakeholder karena dapat mempengaruhi kestabilan perusahaan. 

          Definisi Stake Holder Menurut Ahli :

-    Menutur Freeman, pengertian stakeholder adalah suatu kelompok masyarakat atau juga individu yang saling mempengaruhi juga dipengaruhi oleh pencapaian tujuan tertentu dari sebuah organisasi.

-    Menurut Wibisono, stakeholder merupakan pihak seseorang atau juga kelompok yang memiliki sebuah kepentingan itu secara langsung/tidak langsung yang bisa mempengaruhi atau juga dipengaruhi terhadap akitivitas serta eksistensi perusahaan. 

-    Menurut Biset, pengertian stakeholder bagina ini merupakan individu atau juga kelompok masyarakat yang memiliki sebuah kepentingan ataupun perhatian pada permasalahan teterntu. 


4. User Sistem Informasi

            User sistem informasi adalah orang atau badan yang mempunyai kepentingan terhadap informasi yang dipakai. Berikut merupakan contoh siapa saja user sistem informasi :

-    User dalam bidang manajemen adalah manajer dan anak buahnya.

-    User dalam bidang pendidikan adalah para pendidik (guru, dosen) dan anak didiknya.

-    User dalam bidang telekomunikasi adalah para manajer dan anak buahnya.

-    User dalam bidang pertahanan adalah para komandan dan prajuritnya.

-    User dalam bidang teknologi informasi adalah programmer, end-user, administrator jaringan, technical support, graphic designer.


5. Input Sistem Informasi

            Input merupakan suatu data yang dimasukkan kedalam sistem informasi yang nantinya akan diolah dan diproses. Contoh dari input dalam sistem informasi adalah data user, transaksi yang terjadi, perubahan suatu data, dan sebagainya. 

 

6. Output Sistem Informasi

            Output merupakan suatu hasil data yang telah diproses dan diolah oleh sistem. Contoh dari output dalam sistem informasi adalah laporan, bukti transaksi/pembayaran, gambar, video, dan sebagainya.



REFERENSI

https://fajarbaskoro.blogspot.com/2016/09/apsi-1-sistem-informasi.html

https://www.ekrut.com/media/sistem-informasi-adalah

https://www.gramedia.com/literasi/stakeholder/

https://www.kompasiana.com/ghaniyatul/56e4e3c75a7b614713ca0f95/pengguna-informasi-sistem-informasi-manajemen-sim#:~:text=Pengguna%20informasi%20adalah%20orang%20atau,adalah%20manajer%20dan%20anak%20buahnya.

Comments

Popular Posts